Kalau anak lagi GTM (Gerakan Tutup Mulut), Mama mana sih yang nggak bakalan galau? Saya sendiri nih ya, sempat stres banget waktu Arthur nggak mau makan. Tapi, sekarang udah lebih bisa in control sih. Biarpun perjalanan bareng Arthur masih 1,5 tahun aja, masih secuil banget. Saya pengen deh share ke Mama-mama lainnya tentang mengatasi GTM pada Arthur selama ini. Kalau Moms punya cerita juga, boleh banget share di kolom komentar ya. Siapa tahu, bisa menginspirasi Moms lainnya di luar sana.

Apa Sih GTM?

GTM atau Gerakan Tutup Mulut adalah sebuah fase menolak makanan yang dialami oleh bayi. Bahkan, kalau sudah GTM, makanan favoritnya juga bakalan ditolak. Arthur sendiri mengalami fase GTM sejak mengenal MPASI. Kalau bayi lagi GTM, Mama-nya juga bisa stres dan ikutan GTM juga, lho! HAHA

Apa Sih Penyebab GTM?

Penyebab GTM pada setiap anak beda-beda ya, Moms. Karena setiap anak punya fase dan juga kondisi tersendiri yang nggak bisa disamakan. Dari pengalaman bareng Arthur, saya rangkum beberapa penyebab GTM yang pernah terjadi sama dia.

Fase Mengenal Tekstur Makanan

Pertama kali kenalan dengan MPASI, setiap anak kan butuh waktu penyesuaian. Dari yang cuma minum ASI aja, beralih ke makanan yang ada rasa dan tekstur berbeda. Setiap fase pengenalan makanan yang teksturnya meningkat, biasanya Arthur mengalami GTM. Arthur sendiri sejak kecil lebih memilih BLW (Baby Lead Weaning) dari pada makan puree untuk makanan utama. Tapi, saya tetap coba-coba puree sih untuk kasih camilan berupa puree buah-buahan atau puree oats.
Rasa Makanan

Tahu nggak sih Moms, ternyata bayi juga punya rasa bosan? Kalau pengalaman saya dulu sih, pas Arthur seneeng banget makan yang manis, terus makan selanjutnya saya kasih manis lagi. Berharap makannya lahap, eh justru GTM. Bayi juga punya rasa bosan ternyata. Apalagi, Arthur punya selera makan yang hampir mirip sama Papa-nya. Jadi, saat makan manis, harus ada camilan yang gurih. Begitu juga sebaliknya, saat makan gurih, harus ada camilan yang manis. Jadi kalau lagi makan yang gurih-gurih, saya selalu menyiapkan potongan buah yang segar. Ganti-ganti menu itu penting banget biar doi nggak bosan.

Jam Makan

Bayi dikenal makhluk yang sangat strict dengan rutinitas. Jadi, kalau mau nggak banyak stres, saya sarankan atur jadwal makannya sejak awal. Misal, bangun tidur, makan, mandi baru nyusu. Kalau sudah menerapkan jadwal, maka lebih gampang menghadapi hari-hari selanjutnya.

Arthur kebetulan nggak punya jadwal makan yang rutin. Soalnya saya kerja dan push orang rumah untuk mentaati jadwal makan itu nggak gampang. Yang jelas dia sarapan dan makan malem selalu sama saya. Selama ditinggal kerja, dia lebih suka ngemil atau makan disaat mood aja.

Tumbuh Gigi

Semakin banyak mengunyah, maka gigi akan tumbuh juga ya Moms. Tumbuh gigi ini sering kali bikin Arthur GTM parah. Pasalnya, gusi yang membengkak dan males aja kalau harus ngunyah. Pas dia masih bayi, saya sering turun tekstur kalau dia GTM. Tapi, kalau udah >1 tahun, biasanya dia lebih suka makan buah-buahan dingin seperti pir hijau, apel, dan buah yang teksturnya agak keras. Jangan menyerah ya, Moms :*

Kondisi Tubuh yang Nggak Fit

Kondisi tubuh yang kurang fit juga bisa menjadi pemicu GTM. Kalau sudah gini, saya biasanya menyerah dengan kasih ASI atau sufor aja ke dia. Jika ada tanda anak mengalami Bapilnas, bisa langsung di sini untuk tahu Pertolongan Pertama Saat Anak Bapilnas.

Cara Mengatasi GTM Pada Anak Ala Saya

Tidak Memaksa Anak Makan Saat GTM

Kalau dulu waktu Arthur GTM saya stres, nangis, marah, terus masak gila-gilaan biar dia mau makan. Sekarang, saya lebih memilih untuk nggak maksain dia makan. Bukannya dibiarin aja ya Moms, tapi lebih 'mendengarkan' dan 'mengiyakan' sinyal yang dia kasih. Kalau ditolak, yaudah berarti nunggu agak nanti buat dicoba lagi.

Memaksa anak makan juga bisa berpengaruh ke psikologisnya. Saya nggak mau juga sih kalau Arthur juga stres dan malah nggak mau makan sama sekali. Di sini pentingnya percaya sama anak. Yha, biarpun masih bayi, mereka juga berkomunikasi dengan caranya sendiri kan? Dan yang paling ngerti juga cuma Mama :*

Mengiyakan Sesuatu yang Ingin Dimakan Arthur

Kalau sedang GTM, kadang Arthur masih pengen ngemil-ngemil tipis. Di rumah, Arthur punya 2 toples yang isinya snack-nya dia. Kalau mau makan, biasanya minta tolong orang untuk bukain dan dia ambil sendiri. Menolak makan nasi dan teman-teman, terus maunya makan jeli aja misalnya. Yaudah gppa, Moms :))

Ganti Suasana Makan

Kadang anak GTM juga bisa karena bosen sama suasana dan tempat yang itu-itu saja. Pernah lho saya suapin Arthur makan sambil lihat ayam atau di tempat jemuran. Daaaan, dia mau makan lahap! Moms juga bisa cari-cari tempat dan suasana lain ya!

Berikan Vitamin

Namanya juga anak lagi GTM ya, pasti cemas kalau daya tahan tubuhnya jadi drop. Makanya saya suka kasih si Arthur vitamin buat jaga daya tahan tubuhnya. Saya kasih Apialys Drop 1 ml 1-2 kali sehari. Cara ini efektif saya pakai sampai sekarang untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Banting Stir: Biarkan Papa yang Suapin Arthur

Terkadang, nggak cuma bosen sama makanan dan suasana makan aja, anak juga bisa bosen dengan siapa yang nyuapin setiap hari. Jadi pernah, Arthur nggak mau apapun yang saya suapin. Nyerah kan ya daripada stres. Terus saya minta tolong Papa-nya buat nyuapin. Eh, mau! Trik ini berjalan sampai kira-kira seminggu. Terus dia balik minta disuapin Mama-nya lagi. Sepele banget kan?

Siapkan Camilan

Kebetulan si Arthur ini hobi banget ngemil. Kalau lagi GTM, biasanya saya bikin sesuatu yang 'berupa camilan' padahal di dalamnya adalah menu makanan utama. Misalnya bola-bola nasi yang didalamnya ada wortel parut, sosis cincang dan keju. Dia sih tahunya itu camilan, padahal juga makanan utama yang dikemas dengan bentuk berbeda. Ntar diposting deh resepnya ya!

Moms juga bisa menyiapkan camilan 'berat' lainnya. Kalau saya sih yang paling sering siapin dia kentang kukus, jagung rebus, labu siam kukus sama telur puyuh rebus. Ada karbo, serat dan protein. Dia bisa makan sebagai 'camilan' sambil nonton TV.

Arthur ini tipe bayi yang suka makan sendiri. Kalaupun disuapin, dia pasti lihat dulu makanannya, ambil, terus dia masukin ke mulutnya. Kecuali pas dia sibuk nonton ABC Kids TV, Super Simple Song atau Pinkfong sih, terkadang mau disuapin. Biarpun sedang GTM, kita harus pinter-pinter cari tahu apa yang mungkin bakalan mau dimakan oleh anak.I know its hard, i have been there too peluk satu satu.

Postingan ini mungkin terlihat receh, tapi tips-tips di atas nggak begitu saja saya temukan dalam waktu semalam. Terlebih, stres yang pernah saya alami. Dengan lingkungan yang kurang mendukung. *Moms, can i say something for you? *

Moms, YOU ROCK! Just keep going :)

Ay ~