/ 1 month pregnancy

Hamil 1 Bulan: Hi, Morning Sickness!

Pada usia kehamilan 1 bulan, ada banyak perubahan dan gejala yang bikin lemas tapi sangat menyenangkan. Disebut morning sickness, gejala ini biasa dialami wanita pada masa awal kehamilan yang biasanya berupa mual dan muntah. Tidak hanya terjadi pada pagi hari seperti namanya, hal ini bisa berlangsung sepanjang hari, lho. But its really fun!

Apa penyebab morning sickness? Pada masa kehamilan terdapat hormon human chorionic gonadoptrin (hCG) yang dihasilkan oleh janin. Hormon inilah yang menjaga kehamilan dan menjaga progesteron tetap stabil. Rasa mual dan indera penciuman cenderung meningkat. Eits, ternyata ada alasannya lho!

Apa penyebab indera penciuman wanita hamil meningkat? Gejala mual saat mencium sesuatu ini merupakan cara ibu hamil melindungi dirinya dan janin dari keracunan makanan. Beberapa makanan tertentu memiliki kadar racun yang diduga mempengaruhi rasa dan bau makanan. Hal inilah yang berpotensi membuat ibu hamil mual dan muntah supaya janin tidak menyerap makanan yang berbahaya baginya.

Biasanya saya merasa mual jika mencium aroma yang amis, parfum yang terlalu kuat dan aroma wangi yang menyengat. Mual dan muntah ini kadang juga terjadi saat saya terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman saat kondisi perut penuh.

1st-trimester-1024x640 done

Morning sickness memang dialami oleh lebih dari 80% wanita hamil. Tapi, jangan menganggapnya remeh ya. Nafsu makan yang menurun, si kecil dalam perut bisa kekurangan asupan gizi penting untuk perkembangannya.

Bagaimana cara mengatasi morning sickness? NGEMIL! Menurut dokter kandungan saya, ngemil adalah cara paling jitu untuk mengatasi mual dan muntah. Apalagi, ngemil juga sangat dianjurkan agar si kecil dalam kandungan mendapatkan nutrisi yang cukup. Ngemil dalam porsi kecil, namun sering.

Ngemil untuk ibu hamil dianjurkan yang kaya karbohidrat seperti roti, ubi, biskuit hingga buah-buahan. Selain makan 3 kali sehari, ibu hamil WAJIB ngemil paling tidak 2 jam sekali.

Perut yang kosong, membuat ibu hamil merasa lebih mual, pusing hingga mudah lelah. Saya suka ngemil apa saja (HAHAHA). Tapi pastikan jika camilannya bergizi, jadi nggak hanya asal kenyang. Favorit saya adalah ngemil kacang-kacangan, buah-buahan, jeli, roti tawar dan aneka kue.

[#pregnancy cravings Here are some healthy and satisfying substitutes for unhealthy cravings: Instead of ice cream, try sorbet, sherbet, Popsicles, or low-fat frozen yogurt. If you're craving doughnuts or pastries, try whole-grain bagels or toast topped with jam. Instead of potato chips, try baked chips, pretzels, or light microwave popcorn. If you can't stop thinking about chocolate, only eat a few squares instead of a whole bar or just have chocolate milk. Instead of soda, drink some flavored seltzer or fruit juice mixed with mineral water. When you want cakes, cookies, or pie, try low-fat banana or zucchini bread instead. Image credit: @kosogkaos](https://www.instagram.com/p/BGt70sAOdfp/)

A photo posted by Healthy Pregnancy (@healthy.pregnancy) on

Konsumsi apa yang dibutuhkan saat hamil? AIR PUTIH yang cukup. Saat melakukan USG, dokter kandungan saya selalu menyarankan untuk menambah konsumsi air putih. Padahal dalam sehari saya bisa menghabiskan 5-6  botol air isi 800 ml. Itu masih kurang banyak đŸ™‚

Apalagi yang diperlukan ibu hamil? HAPPY TERUS! Suasana hati ibu sangat berpengaruh ke calon baby. Hubungan emosional ini benar-benar saya rasakan. Saat marah, sedih atau merasa tidak nyaman, saya biasanya langsung muntah. Tapi ketika sangat happy, everything okay kok!

Pada awal kehamilan dengan perubahan hormon yang luar biasa. Beberapa ibu mungkin merasa cemas, mudah marah dan sensitif. Saya juga mengalaminya (semoga suami, keluarga dan teman kantor mengerti). Untuk mengatasinya, lebih banyaklah ngobrol dengan suami. Katakan apa yang dicemaskan dan apa yang dirasakan. Katakan juga apa yang diinginkan. Maka, suami akan memberikan segalanya *eh. Selalu berbahagia ya, agar si kecil di dalam kandungan juga senyum ceria.

Selamat menikmati usia 1 bulan kehamilan đŸ™‚