/ hamil 3 bulan

Hamil 3 Bulan: Bye-bye Morning Sickness!

Hamil 3 bulan bisa jadi masa yang lebih melegakan. Saya tidak lagi merasakan adanya morning sickness atau emosi labil yang meluap-luap. Selera makan juga semakin membaik dan bertambah 🙂

Memasuki trimester kedua, katanya risiko keguguran menurun dibandingkan bulan sebelumnya. Deg-degan hamil 2 bulan kemarin, rasanya sudah hilang kok.  Perubahan-perubahan pada bulan ketiga ini juga makin lucu-lucu, kok.

Kehamilan 12 Weeks, tidak lagi Morning Sickness?

Banyak ibu hamil yang berpendapat jika pada bulan ketiga kehamilan, morning sickness akan mulai berkurang. Kini saya sendiri membuktikan, pada usia kehamilan ini mual memang sudah semakin membaik. Selera makan yang sebelumnya agak pilih-pilih, kini semakin berkurang. Saya juga sudah bisa makan es krim! Walaupun tetap dalam porsi wajar agar perut tidak kembung.

Bagi yang masih mengalami morning sickness di usia kehamilan 3 bulan, jangan menyerah ya. Yuk, lebih banyak lagi makan buah dan konsumsi air putih. Jangan biarkan perut dalam keadaan kosong.

Hamil 3 Bulan = Baju Longgar

Perubahan fisik pada bulan 3 kehamilan semakin menjadi. Dada, pinggul, paha dan pastinya perut mulai semakin membengkak. Memakai baju longgar bisa sangat menyenangkan, lho. Tapi, saya masih bisa ke kantor pakai celana jeans kok (cuma 2 celana yang cukup, lainnya pensiun dini). Jangan paksakan diri dengan gaya fashion tertentu jika tidak nyaman. Apalagi, saat suhu tubuh meninggi. Lebih baik pakai yang nyaman saja ya, biar si dedek tenang di dalam!

Ibu Hamil Saat Tidur Mulai Kram?

Terbebas dari morning sickness, selamat menghadapi malam-malam kram yang rewel. Dari pengalaman saya sih, jadi lebih suka kebangun saat tidur. Badan juga kram mulai dari pinggang sampai kaki. Kurang olahraga? Bisa juga. Biasanya saya menyiasatinya dengan posisi tidur miring ke kiri. Ganjal perut dengan bantal lembut, begitu juga dengan punggung dan pinggul. Pakai juga pakaian longgar saat tidur. Atau bisa juga dengan melepas pakaian dalam. Pokoknya bikin posisi tidur senyaman mungkin.

Kulit Perut Kering atau Muncul Stretch Mark?

Melebarnya perut terkadang membuat sebagian besar ibu hamil mengalami stretch mark atau guratan pada kulit. Saya sih belum mengalaminya pada usia kehamilan 3 bulan. Hanya ada kulit kering dan rasa gatal yang kadang mengganggu. Katanya sih bisa juga bawaan bayi. Cara mengatasinya bisa memakai minyak zaitun atau baby oil. Pastikan yang memberi setelah mandi si suami ya. Biar bisa sambil manja *tsaah

Kehamilan 3 bulan ini terasa makin seru! Bagi yang masih mengalami keluhan mengganggu, sebaiknya segera bicarakan pada dokter kandungan pribadi ya. Bagi yang perutnya makin membuncit, semangat ya! Yuk jaga kesehatan dan pola makan buat si dia yang sedang sibuk menata diri ketemu Mommy.

*kiss