"I've realized I'm not taking great care of my self. But, that changes this year"

Kutipan kalimat di atas saya baca pada sebuah artikel yang ditulis oleh Jennifer Batchelor di Mother.ly. Nggak banyak wanita yang menyadari kalau ia sering kali nggak memperhatikan diri sendiri. Begitu juga dengan saya. Di postingan ini saya ingin menulis mantra-mantra yang bisa dibaca saat sedang lupa cara mencintai diri sendiri.

I'm not going to apologize

Saya sering kali meminta maaf akan banyak hal. Tapi, sekarang tidak lagi. Suatu pagi nanti mungkin saya nggak bisa masak karena terlalu capek. Atau Arthur akan lebih banyak main bersama Papa di suatu malam karena saya sedang ada deadline nulis blog. I'm not going to apologize for it anymore.

I am going to make time for myself

Banyak waktu yang saya buang untuk menggerutu dan menyesalinya. Karena tidak melakukan ini atau itu. Karena tidak punya keberanian untuk mengambil beberapa waktu untuk diri sendiri. Takut Arthur sendiri. Takut orang lain menilai saya Mama yang buruk. Saya nggak ingin masa-masa itu terulang lagi. Ada banyak waktu yang bisa digunakan untuk sekedar melakukan hal yang disukai.

I'm not going to feed bad about that

Tahun-tahun kemarin, ada banyak perkataan dan perlakukan buruk yang saya dapatkan. Tapi, saya cuma diam. Rasanya lebih seru jika membalas. I'm not going to feed bad about that :)

I am going to take care of my body

Mari membebaskan diri sesuai kemampuan finansial untuk membeli skincare, makeup, baju, sepatu, dan apapun yang diinginkan. Jangan merasa bersalah.

Just accept help, Ay.

Saya akan menerima bantuan. Berhenti egois dan memaksakan diri sendiri untuk melakukan semuanya sendiri.

I am going to be kind to Myself

Mencintai diri sendiri dengan tersenyum lebih banyak, memeluk Papa dan Arthur lebih lama, makan spicy seafood udon sepuasnya saat rindu dan hura-hura belanja saham. Lakukan apa-apa yang membuatmu bahagia.

Make Space for my Passion

Blog dan dapur rumah adalah dua tempat ternyaman untuk berimajinasi dan menjadi diri sendiri. Its okay untuk beli alat masak atau bahan apapun untuk masak. Ikutlah banyak cooking class. Tulis apapun yang membuatmu merasa cinta di blog ini.

Last mantra:

Ay,
the truth is, when you don't take care of yourself, you can't take care of anyone else.

With Love,
Ay in 2018.