Wanita selalu punya cinta pertama dalam hidupnya. Bukan hanya berupa sosok idaman saja, tapi cinta pertama soal bebas dari anyang-anyangan. Prive Uri-Cran adalah cinta pertama yang harus dimiliki wanita. Mau tahu kenapa?

Wanita sangat berisiko mengalami anyang-anyangan sepanjang hidupnya secara berulang-ulang, bahkan presentasenya mencapai 50%. Menurut data yang dimiliki Mitra Keluarga, di Indonesia sendiri terjadi 2 juta kasus wanita yang mengalami anyang-anyangan setiap tahunnya.

Anyang-anyangan atau dalam dunia medis disebut sebagai Infeksi Saluran Kemih adalah kondisi ketika organ yang termasuk ke dalam sistem kemih, yakni ureter, kandung kemih, ginjal dan uretra mengalami infeksi. Karena wanita memiliki saluran utera yang lebih pendek, maka sangat berpotensi untuk mengalami anyang-anyangan.

Apasih Penyebab Anyang-anyangan?

Penyebab anyang-anyangan
©pixabay/geralt

Penyebab Anyang-anyangan / Infeksi Saluran Kemih

Penyebab terbesar anyang-anyangan adalah bakteri Escherichia coli atau E.Coli yang terdapat pada saluran cerna. Sebagian wanita sering kali melakukan kebiasaan yang kurang tepat saat melakukan pembersihan organ vital setelah buang air besar atau buang air kecil. Mulai dari kertas toilet yang digunakan untuk membersihkan anus yang turut menyentuh organ kelamin, sehingga bakteri bisa masuk ke saluran kemih. Bisa juga kebiasaan menyiram dari belakang ke arah depan, sehingga bakteri pada anus dapat berpindah ke vagina.

Infeksi Saluran Kemih
©instagram/uricran.id

Gejala Anyang-anyangan

Secara umum, gejala anyang-anyangan bisa diketahui dengan adanya kondisi hasrat berlebih untuk buang air kecil, buang air kecil lebih sering namun dengan volume yang sedikit-sedikit, merasa nyeri pada panggul wanita, rasa perih ketika buang air kecil, urine berbau menyengat berwarna pekat dan terkadang mengandung darah, hingga demam.

Sayangnya, sebagian wanita kurang tahu apa penyebab sakit buang air kecil yang dialaminya. Apalagi, cara mengatasi susah buang air kecil yang dirasakan.

Setiap orang biasanya memiliki gejala anyang-anyangan yang berbeda, biasanya dibedakan oleh bagian yang terinfeksi. Jika Ginjal terinfeksi, biasanya ditandai dengan nyeri pada pinggang belakang, demam tinggi dan mual. Infeksi pada kandung kemih akan menunjukkan gejala tidak nyaman pada perut bagian bawah, buang air kecil berulang kali dan adanya darah pada urine. Berbeda lagi jika infeksi terjadi pada saluran kencing, gejala yang dimiliki biasanya rasa sakit buang air kecil. Jika mengalami gejala-gejala ini, bisa saja kamu mengalami anyang-anyangan.

Anyang-anyangan
©instagram/uricran.id

Cara mencegah anyang-anyangan

Melihat presentase tingginya wanita yang mengalami anyang-anyangan, saya membuat survei kecil-kecilan pada 10 orang teman wanita. Apakah mereka pernah mengalami anyang-anyangan dan bagaimana sih cara mereka mengatasinya?

10 Responden ini terdiri dari 1 ibu hamil bekerja (3 usia kandungan bulan), 5 orang ibu bekerja dan 4 orang wanita single yang bekerja. Kurang lebih semua responden banyak menghabiskan waktu di depan komputer dan kurang minum air putih. Hasilnya, 8 dari 10 orang pernah bahkan sering mengalami anyang-anyangan. Bahkan, ada 1 ibu bekerja yang memiliki indikasi Infeksi Saluran Kemih yang sering berulang.

Menurut keterangan 8 responden yang pernah mengalami anyang-anyangan, solusi yang dilakukan untuk menyembuhkannya adalah banyak minum air putih, meletakkan kaki ke tembok dengan sudut 45 derajat hingga pemeriksaan ke dokter bagi yang mengalami tingkat keparahan yang cukup tinggi. Sayangnya, anyang-anyangan akan selalu kembali jika tidak dilakukan langkah pencegahan yang tepat.

Anyang-anyangan yang sering kembali, butuh perhatian khusus dan langkah penanganan oleh wanita. Kamu bisa lho menggunakan cara alami, yakni memanfaatkan penggunaan buah Cranberry. Buah Cranberry bisa menjadi solusi alami untuk mengatasi anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih. Kandungan cranberry dapat mencegah bakteri E.coli menempel pada dinding saluran kemih. Ingin kenalan dengan buah cranberry lebih lanjut?

Mengatasi susah buang air kecil
©pixabay/samboep |©pixabay/kristinelejniece | ©unsplash/brooke lark

Cranberry (Vaccinium oxycoccos) merupakan tanaman jenis berry yang biasanya tumbuh liar dan termasuk jenis tanaman semak. Cranberry dan blueberry, sama nggak sih? Pada dasarnya kedua buah tersebut memiliki banyak kesamaan, namun cranberry memiliki warna merah tua. Buah ini dulunya sering kali ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada dan sudah dikenal secara turun temurun sebagai obat luka terkena panah.

Dewasa ini, buah cranberry makin populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sariawan hingga sebagai antioksidan alami. Bahkan, ekstrak buah cranberry kini juga digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan dan kesehatan saluran kemih.

Penelitian tentang buah cranberry masih terus berlangsung hingga April 2004. Lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Penelitian ini telah diuji klinis acak sempurna yang menyatakan cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.

Wanita usia di atas 20 tahun sangat disarankan untuk mengonsumsi buah cranberry yang mampu mencegah sekaligus mengobati anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih. Pasalnya, buah cranberry mengandung antioksidan yang disebut proanthocyanidins yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi.

Tidak hanya bisa membantu mengatasi anyang-anyangan, buah cranberry juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan wanita. Buah ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi, lho. Selain itu cranberry juga kaya serat makanan, mineral, flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin dan quercetin yang memiliki senyawa fitokimia, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan mencegah penyakit berbahaya.

Lalu, di mana bisa mendapatkan buah cranberry saat mengalami anyang-anyangan? Kini kamu nggak perlu repot lagi, karena ekstrak buah cranberry bisa didapatkan secara praktis lewat kemasan Prive Uri-Cran.

Anyang-anyangan

Prive Uri-Cran merupakan suplemen makanan yang membantu memelihara kesehatan serta mengobati anyang-anyangan. Lalu bagaimana Prive Uri-Cran bekerja? Dalam setiap sachet Prive Uri-Cran mengandung 375 mg ekstrak cranberry, 60 mg vitamin C yang bekerja sebagai antioksidan, 0,1 mg probiotik Bifidobacterium bifidum dan Lactobacillus acidophilus yang secara alami terdapat di dalam saluran genitourinaria wanita, FOS, dan kalsium laktat glukonase.

Terdapat juga bakan aktif cranberry yaitu 36 mg cranberry proanthocyanidin (PAC) dengan dosis 500 mg ekstrak cranberry. Gabungan dari berbagai bahan aktif tersebut dapat membantu mengatasi infeksi sehingga dapat mencegah serta mengobati anyang-anyangan.

Cara mencegah anyang-anyangan

Mengatasi anyang - anyangan dan susah buang air kecil

Bagi kamu yang mengalami anyang-anyangan, konsumsi 1-2 sachet Prive Uri-Cran dalam sehari. Caranya, campurkan 1 sachet Prive Uri-Cran dalam 100-500 ml air putih. Aduk, sajikan dingin lebih nikmat dan menyegarkan. Pastikan untuk menyimpan kemasan Prive Uri-Cran di bawah suhu 30 derajat, jauhkan dari sinar matahari langsung dan dari jangkauan anak-anak.

Selain mengonsumsi Prive Uri-Cran, berikut ini adalah cara mencegah anyang-anyangan yang bisa dilakukan. Pastikan untuk mengaplikasikannya dalam keseharian, ya:

  • Jangan menahan keinginan untuk buang air kecil. Pasalnya, kebiasaan menahan buang ar kecil bisa memicu anyang-anyangan.
  • Jaga kebersihan daerah intim dengan baik. Setelah buang air kecil, pastikan untuk membasuh vagina dengan air dari arah depan ke belakang. Pastikan juga untuk mengeringkan vagina menggunakan tisu atau handuk hingga kering. Vagina yang lembap bisa memicu perkembangan bakteri. Hal yang sama juga dilakukan saat buang air besar, pastikan untuk membersihkan bagian dubur tanpa terkena bagian vagina. Bilas menggunakan air dari arah depan ke belakang.
  • Gunakan celana dalam yang longgar dan terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat.
  • Berhati-hati saat menggunakan toilet umum. Pastikan toilet duduk yang digunakan dalam keadaan bersih atau gunakan tisu sebagai alas duduk. Pilih air mengalir untuk membersihkan bagian kewanitaan, lalu keringkan vagina menggunakan tisu atau handuk lembut bersih.
  • Penuhi cairan tubuh dengan baik. Usahakan untuk mengonsumsi minimal 8 gelas per hari. Apalagi, bagi kamu yang banyak menghabiskan waktu duduk di depan komputer.

See, ada banyak penyakit yang setiap harinya mengincar wanita, terutama anyang-anyangan. Ini adalah saatnya bagi kamu, para wanita Indonesia untuk lebih mencintai diri sendiri dengan cara lebih menjaga kesehatan saluran kemih. Yuk jadikan Prive Uri-Cran sebagai cinta pertama-mu untuk hidup sehat bebas dari anyang-anyangan.

Punya cerita tentang anyang-anyangan? Yuk share ceritamu di kolom komentar! Selamat menemukan cinta pertamamu untuk hidup sehat bersama Prive Uri-Cran.

Love,
Ay.