Anyang-ayangan itu nyiksa banget! Nggak cuma rasa nyerinya yang luar biasa nggak nyaman, tapi juga capeknya bolak-balik kamar mandi. Belom lagi pandangan orang-orang yang ngeliat, pasti mikirnya macem-macem. Rasa percaya diri runtuh deh!

Pernah beberapa kali mengalami anyang-anyangan, beneran pengalaman yang nggak enak banget. Apalagi, kalau niatnya menyembuhkan justru nggak sembuh-sembuh karena kemakan mitos. Ini nih pengalaman saya dulu vs sekarang bebasin diri dari anyang-anyangan.

Dulu, Ayu (21), Hobi Maraton Drama Korea

Cewek mana sih yang nggak demam drama korea sekitaran tahun 2014? Saya salah satu yang hobi banget maraton drama, nonton dari pagi sampai malam. Waktu itu saya anak baru di kantor yang kerjaannya pulang malam terus.

Namanya anak baru ya, dikasih task sederhana mikirnya masih serius banget dan perfeksionis. Pulang malam terus deh karena kerjaan nggak kelar-kelar. Acara nonton drama juga tertunda terus, padahal udah penasaran banget dengan episode yang terbaru.

Weekend selalu jadi acara 'balas dendam' untuk nonton drama korea. Pagi-pagi nih, sudah siapin banyak snack buat nemenin nonton. Parah banget dulu kecanduan nonton drama, bisa pagi sampai malem non-stop.

Badan emang pegel semua sih, tapi selalu terbayar dengan plotwist dan akting para aktor/aktris yang super keren. Sampai akhirnya, ada satu pengalaman yang bikin nggak berani lagi maraton drama sampai sekarang. Saya mengalami anyang-anyangan!

Malam hari pas udah santai di tempat kos, tiba-tiba saya merasa nyeri yang luar biasa. Rasanya sih seperti mau buang air kecil, tapi waktu di kamar mandi nggak bisa ngeluarin apa-apa. Sampai dini hari rasa nyerinya nggak kunjung hilang. Pagi-pagi saya langsung telepon Mama.

Ayu: Maa, aku dari semalam bolak-balik kamar mandi kayak mau pipis. Tapi, nggak ngeluarin apa-apa. Sekarang masih nyeri juga.
Mama: Itu namanya anyang-anyangan. Pasti habis nahan pipis kelamaan ya?
Ayu: Mama kok tahu? Hehe aku nonton drama korea seru banget. Sampai lupa tadinya mau pipis.
Mama: Jempolnya diikat pakai rumput alang-alang aja. Kalau nggak ada, pakai karet gelang deh. Iya, jempol kaki boleh yang kanan atau kiri.
Ayu: Emang ngaruh mah?
Mama: Katanya orang dulu sih gitu. Mama juga nggak tahu, cobain aja.
Ayu: Oke Mah, cobain dulu ya.

(c) Instagram/uricran.id

---- 5 jam setelah telepon Mama ----

Padahal udah ikat jempol kaki pakai karet gelang ya, tapi nggak sembuh-sembuh. Justru, makin parah! Karena udah nggak tahan banget, iseng googling di internet. Terus baru tahu dong kalo cara itu cuma mitos doang! Ternyata anyang-anyangan disebabkan oleh infeksi saluran kemih (ISK) yang nggak bisa disembuhkan dengan cara ikat karet gelang di jempol kaki.

Apasih Anyang-anyangan?

(c) Instagram/uricran.id

Bagi yang belum tahu apa itu anyang-anyangan, ternyata penyakit ini nggak bisa disepelekan. Anyang-anyangan adalah suatu kondisi saat seseorang merasa tidak nyaman saat buang air kecil. Kalau dalam istilah medis, disebut dengan disuria. Buat yang masih bingung, berikut adalah gejala anyang-anyangan yang perlu diwaspadai:

  • Keinginan berlebih untuk buang air kecil
  • Rasa nyeri saat buang air kecil
  • Volume urine yang keluarnya sedikit-sedikit
  • Urine berwarna pekat dan berbau menyengat
  • Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita
  • Demam atau meriang
  • Cepat lelah dan lesu

Kalau sebelumnya saya hanya merasa nyeri, ternyata gejala anyang-anyangan tiap orang bisa berbeda. Ada yang Miss V terasa sakit, perih, panas hingga rasa terbakar juga, lho. Ngeri banget kan?

Sebenarnya anyang-anyangan ini umum terjadi, baik pada pria maupun wanita. Namun, dilansir oleh Emedicine Health wanita lebih sering mengalami anyang-anyangan daripada pria karena uretra (tempat keluarnya air kencing) cenderung lebih pendek. Jadi, wanita lebih gampang mengalami infeksi saluran kemih.

Anyang-anyangan itu nggak cuma nyeri dan bikin nggak nyaman, tapi juga bikin malu banget. Teman kos-an pada tanya, kenapa malam hari berisik banget bolak-balik kamar mandi. Saya pun cerita kalau lagi anyang-anyangan. Eh, malah dikatain jadi cewek nggak bersihan. Malu kan!

Semenjak kena anyang-anyangan, nggak bisa aktif seperti biasa juga. Kerjaan makin nggak kelar, kurang fokus dan jadi emosian. Senggol dikit bapeer banget deh.

Saya sendiri juga baru tahu, kalau anyang-anyangan nggak hanya disebabkan oleh menahan buang air kecil terlalu lama tapi juga faktor kebersihan organ vital. Saat itu saya kepo banget dengan apa saja penyebab anyang-anyangan. Soalnya nggak mau mengalaminya lagi, duh nggak enak!

Penyebab Anyang-anyangan

Anyang-anyangan pada umumya disebabkan oleh Escherichia coli atau E.Coli yang terdapat pada saluran cerna. Infeksi ini akan menimbulkan gejala berupa rasa nyeri dan sakit ketika buang air kecil yang mengarah pada penyakit infeksi saluran kemih (ISK). Makanya, penting banget untuk menjaga kebersihan Miss V seperti:

  • Membersihkan Miss V menggunakan air bersih dari arah depan ke belakang
  • Pastikan Miss V dalam keadaan kering setelah buang air kecil/mandi
  • Rajin ganti celana dalam dalam sehari
  • Gunakan celana dalam dari bahan katun untuk menghindari lembap
  • Hindari menggunakan celana dalam yang ketat
  • Pilih pembalut atau pembersih daerah kewanitaan yang tidak mengandung parfum/pewangi

Dulu saya cupu banget ya. Dibilang ikat jempol kaki pakai karet gelang nurut aja. Gimana lagi, namanya juga petuah orangtua. Semenjak tahu kalau anyang-anyangan itu disebabkan oleh ISK, saya juga cerita ke Mama. Jadi, cara mengobatinya nggak pakai ikat jempol kaki lagi.

Sekarang, Ayu (27), Ibu Bekerja dan Punya 2 Orang Anak

Working mom dengan dua orang anak! | (c) ayumiranti.com

Ceritanya nih, saya baru saja memulai kehidupan jadi ibu bekerja dari 2 orang anak yang semuanya dibawah 3 tahun. Bisa kebayang kan gimana serunya kehidupan saya sehari-harinya?

Saat ini saya sedang full di rumah karena masih cuti melahirkan. Arthur (2,5 tahun), si kakak yang lagi bahagia banget saya seharian penuh di rumah, karena biasanya harus ngantor. Yang tadinya mandiri banget mau makan sendiri, sekarang minta disuapin dong! Yang tadinya bisa bobok sendiri, sekarang minta dinyanyiin + dikelonin. Manjaaaa overload!

Disisi lain, Jasmine (2 bulan) masih butuh banget dekat dengan saya dalam berbagai hal. Seandainya bisa pinjam boneka P-Man, kan seru banget saya bisa jadi 2. Eh tapi seru banget lho ngerawat dua anak sendirian. Sambil ngajarin Arthur untuk berbagi, bersabar dan ikut 'memiliki' adiknya. Begitu juga dengan Jasmine, biar dia terbiasa untuk berbagi juga.

Sebagai ibu menyusui, minum air putih harus banyak banget biar produksi ASI makin lancar. Nah, saat konsumsi air banyak, pastinya juga makin sering buang air kecil dong ya. Sayangnya, pas mau buang air kecil, adaaa aja yang menghalangi buat ke kamar mandi.

Baru mau ke kamar mandi, Arthur ngajakin main puzzle..
Abis main puzzle, eh Jasmine haus jadi harus menyusui dulu..
Tok tok tok, ada tamu jengukin bayi..
Udah siang, waktunya suapin Arthur makan..
Jasmine ngantuk, nina boboin dulu lah..
Terus lupa ke kamar mandi!

Pastinya ibu-ibu juga pernah mengalaminya, kan? Terus bolak-balik jadi ingin buang air kecil. Duh, gejala anyang-anyangan nih! Gawat banget kalau sampai kena anyang-anyangan. Nanti saya jadi nggak bisa berkegiatan aktif seperti biasanya. Apa kabar jemuran, setrikaan dan agenda main bareng Arthur dan Jasmine?

Peristiwa beberapa tahun yang lalu terulang lagi. Bedanya, sekarang nggak lagi ikat jempol kaki pakai karet gelang. Saya langsung ambil persediaan Prive Uri-cran Plus yang ada di rumah. Buka kemasannya, campur dengan segelas air dan glek, glek, glek. Super segeeer!

Minum Prive Uri-cran sebagai penanganan pertama gejala anyang-anyangan | (c)ayumiranti.com

Penasaran ya saya lagi minum apaan? Prive Uri-cran Plus ini adalah minuman ekstrak cranberry ibu-ibuu. Jadi, kandungan dalam cranberry ini dapat membantu mencegah E. coli menempel pada dinding saluran kemih. Dilansir dari Webmd pada artikel berjudul 'Cranberry Juice Fights Urinary Tract Infections Quickly' bahkan ada beberapa penelitian yang telah membuktikannya, lho. Jadi, saya nggak asal minum ekstrak cranberry, hehe.

Ekstrak Cranberry yang ada di Prive Uri-cran | (c)ayumiranti.com

Menurut artikel tersebut, pada 23 Agustus 2010 para ilmuwan melaporkan bahwa dalam waktu delapan jam setelah minum ekstrak cranberry, bisa membantu mencegah bakteri berkembang menjadi infeksi di saluran kemih.

Nah, pada penelitian sebelumnya menunjukkan ada senyawa aktif dalam ekstrak cranberry yang tidak dihancurkan oleh sistem pencernaan setelah orang meminumnya, tetapi bekerja untuk melawan bakteri, termasuk E. coli. Studi terbaru yang dilakukan pada pertemuan nasional American Chemical Society di Boston, memberikan bukti jika minum ekstrak cranberry bisa mengatasi ISK.

Para peneliti dari Worcester Polytechnic Institute di Massachusetts menumbuhkan E. coli dalam urin yang dikumpulkan dari orang sehat sebelum dan sesudah mereka minum ekstrak cranberry. Hasilnya, ada zat bermanfaat dalam buah cranberry yang dapat mencapai saluran kemih dan mencegah adhesi bakteri dalam waktu delapan jam.

Cara Ekstrak Cranberry Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Minum ekstrak cranberry bantu mencegah anyang-anyangan | (c)ayumiranti.com

Para peneliti menemukan bahwa metabolit cranberry mampu mencegah E. coli menempel pada bakteri lain dan membatasi kemampuannya untuk tumbuh dan berkembang biak.

Jika E. coli dapat terhubung dengan bakteri lain, seperti bakteri yang ditemukan di saluran kemih, itu membentuk lapisan atau 'biofilm' yang memungkinkan bakteri berkembang biak dan menghasilkan infeksi.

Penelitian ini dirancang dengan cermat dan dilakukan studi ilmiah yang dilakukan pada manusia - telah menyimpulkan bahwa jus cranberry benar-benar efektif untuk mencegah infeksi saluran kemih," kata peneliti studi Terri Anne Camesano, PhD

Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang biasanya tumbuh liar dan termasuk jenis tanaman semak. Cranberry dan blueberry, sama nggak sih? Pada dasarnya kedua buah tersebut memiliki banyak kesamaan, tapi cranberry punya warna merah tua. Buah ini dulunya sering kali ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada dan sudah dikenal secara turun temurun sebagai obat luka terkena panah.

Kini buah cranberry makin populer digunakan sebagai sumber vitamin dan antioksidan tinggi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sariawan, sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan dan kesehatan saluran kemih. Bahkan, wanita usia di atas 20 tahun sangat disarankan untuk mengonsumsi cranberry karena mampu mencegah sekaligus mengobati anyang-anyangan.

Eits, cranberry nggak hanya bantu obati ISK tapi juga kaya vitamin C, serat, mineral, flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin dan quercetin yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan mencegah penyakit berbahaya. Nah, semua kebaikan ekstrak cranberry bisa ditemukan di Prive Uri-cran.

Prive Uri-cran, Solusi Aktif dan Percaya Diri Bebas Anyang-anyangan

Prive Uri-cran solusi aktif dan percaya diri bebas anyang-anyangan | (c)ayumiranti.com

Prive Uri-cran merupakan ekstrak cranberry yang membantu memelihara kesehatan serta mengobati anyang-anyangan. Dalam setiap sachet Prive Uri-cran mengandung bahan aktif cranberry yaitu 36 mg cranberry proanthocyanidin (PAC) dengan dosis 500 mg ekstrak cranberry. Gabungan dari berbagai bahan aktif tersebut dapat membantu mengatasi infeksi sehingga dapat mencegah serta mengobati anyang-anyangan.

Prive Uri-cran tersedia dalam 2 kemasan:

Prive Uri-cran ada yang kemasan kapsul dan serbuk, lho! | (c)ayumiranti.com 
  • Prive Uri-cran Kapsul dengan komposisi 250 mg Ekstrak Cranberry. Dalam satu box isinya 30 kapsul. Aturan pakainya diminum setiap hari 1-2 kapsul.
  • Prive Uri-cran Plus dengan komposisi 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vitamin C, 0,1 mg Bifidobacterium bifidum, dan 0,1 mg Lactobacillus achidopillus isi per boxnya 15 sachets. Aturan pakainya diminum setiap hari 1-2 sachet.
(c)ayumiranti.com

Kalau mau beli, Prive Uri-cran gampang banget didapatkan kok.Bisa beli offline di apotek terdekat, gerai kimia farma, K24, Guardian dan Watsons. Kalau mau praktis, bisa beli secara online di official store Combiphar yang ada di Lazada.

Prive Uri-cran bisa jadi solusi aktif dan percaya diri bebas anyang-anyangan. Sekarang nggak ada ceritanya malu banget diliatin orang lain bolak-balik kamar mandi. Aktivitas juga jalan terus jadi bisa tetap aktif merawat si kecil. No more ikat jempol kaki, ya!

Buat yang kepo banget dengan Prive Uri-cran, bisa langsung mengunjungi http://uricran.co.id/. Ada juga banyak info menarik tentang anyang-anyangan yang bisa didapat dengan follow akun Facebook Prive Uri-cran dan Instagram @uricran.id. Yuk makin aktif dan percaya diri bareng Prive Uri-cran!