Purging saat pemakaian SK-II FTE itu memang berat. Tapi, lebih berat lagi kalau nggak bisa lepas dari krim dokter yang makin bulan makin mahal perawatannya. Purging bisa dihadapi kok, kuncinya memang harus sabar pakek banget.

Pasa postingan sebelumnya berjudul Menghilangkan Flek Hitam dengan SK-II FTE (Facial Treatment Essence), saya udah cerita kalau mengalami purging parah. Berupa jerawat yang super gede dan kusam di beberapa hari pertama. Berdasarkan hasil blog walking sih kadar purging setiap orang berbeda-beda ya. Tergantung dengan kadar pemakaian kosmetik atau krim-krim yang telah dipakai sebelumnya.

Purging yang saya alami (hingga sekarang) sudah terhitung 2 bulan. Awalnya muncul jerawat di beberapa titik, lalu kering sendiri. Muncul lagi beberapa, lalu hilang sendiri. Kalau sekarang muka saya sudah bersih dari jerawat, namun flek hitam masih terlihat. Tapi, bagian kulit yang lain semakin hari makin kenyal, lebih cerah dan terlihat sehat.

Flek hitam di muka saya memang masih terlihat, tapi jika diamati dari flek yang ukurannya agak lebar mulai pecah menjadi kecil dan mulai tersamarkan. Fyi, flek hitam yang saya miliki ini genetik ya. Kalau menurut dokter sih untuk menghilangkannya harus pakai laser. Tapi sejauh ini, saya masih ingin terus pakai SK-II FTE biarpun harganya memang agak mahal.

Cara mengatasi purging ini bisa dengan mengompres jerawat dengan SK-II FTE saat malam hari. Kalau saya pribadi, selain kompres juga menerapkan masker alami. Ini ampuh banget untuk membantu kempesin jerawat dan membuat muka makin mulus keesokan paginya. Berikut ini adalah daftar masker alami yang saya terapkan selama memakai SK-II FTE. Oiya, saya pakainya hampir setiap malam, ya.

Masker Kentang + Tomat

pexels-photo-906110
©pexels

Kentang dan tomat adalah dua jenis sayuran yang bisa membantu mencerahkan wajah dan meratakan pigmen kulit. Saya biasanya menggunakan 1/2 kentang yang sudah dikupas dan 1 butir tomat. Parut keduanya hingga lembut, lalu oleskan pada wajah dengan agak dipijat-pijat. Diamkan selama lebih dari 30 menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

Masker Bedak Beras

27581553_158545971465784_9023500231882309632_n
©instagram/ovalebeautyid

Bedak beras punya manfaat untuk mencerahkan wajah, sekaligus membuat wajah jadi lebih adem. Pas banget dipakai kalau muka sedang jerawatan yang sampai merah (ada peradangan). Saya seringnya pakai Oval Masker Bedak Dingin. Campurkan 8 butir bedak dingin dengan sedikit air, lalu aplikasikan ke seluruh wajah. Tunggu lebih dari 30 menit atau hingga kering, lalu bilas menggunakan air bersih.

Setelah menggunakan masker di atas, biasanya saya langsung kompres wajah menggunakan SK-II FTE dan membiarkannya hingga pagi hari. Dua jenis masker di atas menjadi andalan saya menghadapi purging selama ini. Selain bisa membantu mengempeskan jerawat, masker alami di atas bisa jadi acara me time yang menyenangkan dan murah.

Purging telah usai, semoga setelah ini ada progres lagi untuk flek hitamnya ya! Semoga kamu juga kuat menghadapi masa purging ini!